Yap! ini posting pertama gue....
CS1 vs Satria FU150 vs Jupiter MX
SPESIFIKASI TEKNIS | |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) | 1.932 x 682 x 1.042 |
Jarak sumbu roda (mm) | 1.251 |
Jarak terendah ke tanah (mm) | 130 |
Berat kosong (kg) | 114 |
Kapasitas tangki BBM (liter) | 4,1 |
Rangka | |
Tipe rangka | Twin tube |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Monosok |
Rem depan | Cakram |
Rem belakang | Cakram |
Tipe & ukuran ban depan | 70/90-17 |
Tipe & ukuran ban belakang | 80/90-17 |
Mesin | |
Tipe | 4 langkah SOHC |
Sistem pendingin | Cair |
Diameter x langkah (mm) | 58 x 47,2 |
Kapasitas silinder (cc) | 124,7 |
Perbandingan kompresi | 10,7:1 |
Daya maksimum (ps/rpm) | 12,8/10.000 |
Torsi maksimum (Nm/rpm) | 10,2/7.500 |
Transmisi | Manual 5 speed |
Satria FU memang unggul teknologi mesin. selain cc yg lebih besar daripada CS-1, mesin FU juga sudah menggunakan kem ganda (DOHC) 4 katup. jadi tidak heran jika powernya unggul 3,2 ps dibanding CS-1. harganya juga lebih murah sekitar 300rb dari CS-1.
Pengendalian motor juga baik meski secara keseluruhan FU harus mengakui keunggulan CS-1 soal riding position. karena mengendarai FU pengemudi harus sedikit membungkuk karena setang bawaan model jepit.
Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg boros. satu liter paling bisa dipakai jalan tak lebih 30 km. mungkin karena itu motor ini dibekali tangki bensin paling besar. selain itu untuk menyetel klep motor ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena penyetelan tak lagi menggunakan fuller gauge melainkan dengan menanam shim. salah penanganan FU justru gak lari. motor ini juga kurang fungsional karena desainnya murni bebek sport yg tidak menyediakan boks penyimpanan barang.
Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg boros. satu liter paling bisa dipakai jalan tak lebih 30 km. mungkin karena itu motor ini dibekali tangki bensin paling besar. selain itu untuk menyetel klep motor ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena penyetelan tak lagi menggunakan fuller gauge melainkan dengan menanam shim. salah penanganan FU justru gak lari. motor ini juga kurang fungsional karena desainnya murni bebek sport yg tidak menyediakan boks penyimpanan barang.
SPESIFIKASI TEKNIS | |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) | 1.945 x 650 x 980 |
Jarak sumbu roda (mm) | 1.280 |
Jarak terendah ke tanah (mm) | 140 |
Berat kosong (kg) | 109 |
Kapasitas tangki BBM (liter) | 4,9 |
Rangka | |
Tipe rangka | Underbone |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Monosok |
Rem depan | Cakram |
Rem belakang | Cakram |
Tipe & ukuran ban depan | 70/90-17 |
Tipe & ukuran ban belakang | 80/90-17 |
Mesin | |
Tipe | 4 langkah DOHC |
Sistem pendingin | Udara |
Diameter x langkah (mm) | 62 x 48,8 |
Kapasitas silinder (cc) | 147 |
Perbandingan kompresi | 10,2:1 |
Daya maksimum (ps/rpm) | 16/9.500 |
Torsi maksimum (Nm/rpm) | 12,5/8.500 |
Transmisi | Manual 6speed |
Sementara desain MX paling sesuai dengan selera masyarakat indonesia. kesannya kental nuansa bebek apalagi harganya paling murah. tak heran klau motor ini merajai penjualan bebek kategori hi end.
Motor ini juga masih dapat mengakomodir barang belanjaan di dek tengah. suatu hal yg mustahil diterapkan pada CS-1. part variasi add-on atau custom buat MX banyak tersedia. begitu juga bengkel yg sanggup mengopreknya.
MX kalah daya dibanding CS-1 (11,17 ps VS 12,8 ps) tapi MX unggul torsi (11,65 Nm VS 10,2 Nm) jadi MX lebih pas dipakai di jalanan kota yg padat karena situasi jalan spt itu membutuhkan akselerasi hebat.
Sayangnya penyaluran power dari mesin MX cenderung liar. buka gas sedikit saja mesin langsung merespon lewat hentakan. hal lain yg sering dikeluhkan pemilik MX yaitu bunyi ngorok yg muncul saat diajak berakselerasi. mekanisme oper gigi juga ala bebek yaitu 4 speed untuk menaikkan gigi tekan pedal persneling ke depan dan ke belakang untuk menurunkan.
Posisi mengemudi MX juga tidak senyaman CS-1 setang MX terasa lebih mendekati pengemudi. saat dicoba menikung, merebahkan MX tidak semudah merebahkan CS-1,MX justru meng-counterajakan rebah. fitur MX juga paling sederhana, tak ada panel digital atau cakram belakang. tampilan bebek ini juga sudah masanya mengalami penyegaran.
Motor ini juga masih dapat mengakomodir barang belanjaan di dek tengah. suatu hal yg mustahil diterapkan pada CS-1. part variasi add-on atau custom buat MX banyak tersedia. begitu juga bengkel yg sanggup mengopreknya.
MX kalah daya dibanding CS-1 (11,17 ps VS 12,8 ps) tapi MX unggul torsi (11,65 Nm VS 10,2 Nm) jadi MX lebih pas dipakai di jalanan kota yg padat karena situasi jalan spt itu membutuhkan akselerasi hebat.
Sayangnya penyaluran power dari mesin MX cenderung liar. buka gas sedikit saja mesin langsung merespon lewat hentakan. hal lain yg sering dikeluhkan pemilik MX yaitu bunyi ngorok yg muncul saat diajak berakselerasi. mekanisme oper gigi juga ala bebek yaitu 4 speed untuk menaikkan gigi tekan pedal persneling ke depan dan ke belakang untuk menurunkan.
Posisi mengemudi MX juga tidak senyaman CS-1 setang MX terasa lebih mendekati pengemudi. saat dicoba menikung, merebahkan MX tidak semudah merebahkan CS-1,MX justru meng-counterajakan rebah. fitur MX juga paling sederhana, tak ada panel digital atau cakram belakang. tampilan bebek ini juga sudah masanya mengalami penyegaran.
SPESIFIKASI TEKNIS | |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) | 1.945 x 705x 1.065 |
Jarak sumbu roda (mm) | 1.245 |
Jarak terendah ke tanah (mm) | 140 |
Berat kosong (kg) | 104 |
Kapasitas tangki BBM (liter) | 4 |
Rangka | |
Tipe rangka | Diamond |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Monosok |
Rem depan | Cakram |
Rem belakang | Teromol |
Tipe & ukuran ban depan | 70/90-17 |
Tipe & ukuran ban belakang | 80/90-17 |
Mesin | |
Tipe | 4 langkah SOHC |
Sistem pendingin | Cair |
Diameter x langkah (mm) | 54 x 58,7 |
Kapasitas silinder (cc) | 134,4 |
Perbandingan kompresi | 10,791 |
Daya maksimum (ps/rpm) | 11,17/8.500 |
Torsi maksimum (Nm/rpm) | 11,65/5.500 |
Transmisi | Manual 4 speed |
----------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian postingan kali ini, semoga postingan ini bisa berguna bagi nusa bangsa yang mungkin lagi milih2 motor baru (inget kalo punya uang lebih beliin gue juga ya. hehe ngarep).Postingan ini semoga juga bisa membantu ibu-ibu hamil, ibu-ibu menyusui, bahkan mungkin bapak-bapak menyusui, adoh maaf tambah ngaco... sekian dulu ah.....HAHAHA
1 komentar:
saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH NAWE yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH NAWE dan dengan senang hati MBAH NAWE mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi MBAH NAWE semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH NAWE DI 085=258=669=460 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH NAWE
saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH NAWE yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH NAWE dan dengan senang hati MBAH NAWE mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi MBAH NAWE semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH NAWE DI 085=258=669=460 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH NAWE
Posting Komentar